Jumat, 20 Maret 2009

Diposting oleh Samiyono

SALAM SUKSES MULIA

Pengalaman adalah guru yang terbaik bagi umat manusia. Sedangkan bangsa yang besar adalah bangsa yang bisa menghargai sejarah.

Banyak sekali sejarah yang ada dalam pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial khususnya untuk tingkat Sekolah Dasar yang syarat akan suri tauladan. Karena pada dasarnya pelajaran yang terpenting adalah bisa mencontoh dan menerapkan apa-apa yang telah dilakukan para pahlawan, bukan hanya menghafal tanggal kejadian dan lain-lain.

Mengapa IPS menyenangkan karena:

1. Untuk membentuk pemahaman yang mendalam tentang belajar IPS sebaiknya bisa dilakukan melalui " Around The Word " khususnya untuk mengajarkan PETA INDONESIA di Kelas IV dan V sedangkan PETA DUNIA di Kelas VI. Apalagi dengan fasilitas internet akan mudah belajar peta.

2. Kegiatan Outing Program /Out door misalnya : Kunjungan ke Museum , Tugu Pahlawan, atau tempat - tempat bersejarah, seperti ke makam Bung Hatta yang menjadi agenda kelas V. Sedangkan untuk kelas VI praktek berjualan di Pasar.

3. Anak-anak bisa menekpresikan suatu sejarah dengan metode sosio drama yang fungsinya membantu anak untuk lebih mudah menghafalkan nama - nama pahlawan , karena anak secara langsung terlibat didalamnya dan berperan sebagai pahlawan tersebut.

4. Games adalah yang disukai anak, kegiatan ini bisa dilakukan dengan Cerdas Cermat atau tanyajawab sehingga akan melatih siswa belajar :
- mengenal negara maupun kota - kota di dunia.
- mengetahui ibu kotanya
- mengenal kebudayaan tiap kota atau negara .
- mengetahui hasil terkenal di tiap daerah/negara.

5. Kata Berkait dalam pelajaran IPS / Sejarah juga sangat menarik bila dilakukan dalam pengajaran di kelas , sambil bermain sekaligus belajar ,misalnya : Untuk menghafal ibukota / provinsi di Indonesia.

Dengan belajar IPS terbuka wawasan dunia yang begitu luas. Sehingga akan membuka pintu gerbang kesuksesan kita semua. Buat anak-anakku kelas VI (enam) SD Islam Darunnajah, tugas ulangan harian III baru bisa dikerjakan setelah tanggal 4 April 2009. Diberi waktu untuk mengerjakan hingga tanggal 11 Maret 2009, kirim jawaban ke dn_qta@yahoo.com. Selamat Menempuh ujian Mid Semester II. Semoga sukses dan berhasil. Amien

0 komentar: